Apa sih Hosting dan Domain itu?

Apa sih Domain dan Hosting itu?


Pengertian Hosting dan Domain | My  Blog - Anjal Ibrahim


Mungkin masih banyak dari kita yang masih asing dengan Hosting atau pun domain, namun ketika kalian menyebut dengan nama instagram.com, whatsapp.com, google.com itu tidak lagi asing di telinga kalian. nah di atas adalah contoh deretan nama domain yang dapat mudah di ingat dari pada kalian menghafal nomor ip address, kebayangkan kalau kalian harus menghafal deratan ip untuk membuka instagram, kalau hanya satu deretan ip saja mungkin tidak masalah akan jadi masalah ketika kalian harus banyak membuka situs sedangkan ip nya tidak tau? ribetkan? sudah pasti ribet.

karena seseungguhnya server tidak dapat membaca apa itu instagram.com, google.com, server tidak dapat membaca itu semua, maka itulah ip tersebut di terjemahkan oleh DNS ( Domain Name Server )
DNS menerjemahkan Ip address menjadi nama nama host, sehingga nama tersebut dapat mudah di ingat oleh user atau pengguna internet.


Domain Nasional atau indonesia : .ac.id, .go.id, .sch.id, .or.id, .my.id, .id
Domain Internasional : .com, .net, .org, .online .store, .info

lalu, apa yang di maksud dengan Hosting?
Hosting adalah layanan penyewaan tempat yang di gunakan untuk menyimpan data data yang du butuhkan dalam membangun sebuah website dan nantinya data data tersebut dapat di akses melalui internet, data web tersebut meliputi file html, php, js ( java script ), css, images ( gambar ), database

jadi Hosting itu akan menjadi rumah dari sebuah website kita nantinya.

mungkin sebagian orang paham apa itu php, apa itu html dan juga masih banyak orang yang tidak tau apa kegunaan dari file tersebut :

HTML : Adalah file yang nantinya akan muncul di tampilan website kita.

PHP : Adalah file yang nantinya akan berfungsi menjalankan input dan outout contoh nya ( kolom komentar itu di jalan kan oleh file php )

CSS : Adalah file yang berfungsi untuk membuat Tampilan dari website menjadi rapih ( Karena css adalah perogram untuk mengatur gaya atau style yang nanti muncul di document website kita )

IMAGES : file ini sudah jela ya itu gambar yang nantinya kita upload di web.

DATABASE : Adalah file untuk menyimpan data penting contoh nya password dan username website, dan file ini juga berfungi untuk mengelola inputan dari peroram PHP.

JS :file ini di gunakan pada website agar tampilannya website tersebut menjadi interaktif dan dinamis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa sih Hosting dan Domain itu?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel