Pengertian Sistem Operasi dan dua jenis sistem operasi.

Pengertian Sistem Operasi dan dua jenis Sistem Operasi


ibrahim-id.blogspot.com

Pendahuluan

Apa sih Operasi sistem (OS) ?
Tentunya tidak asing lagi dengan namanya sistem operasi apalagi jaman sekarang sudah jaman canggih, jadi Operasi sistem adalah sistem yang mengatur sumber daya, untuk mengatur Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak) dan Brainware (User atau pengguna), Operasi sistem terbagi dua yaitu CLI dan GUI.

Apa itu CLI dan GUI?

CLI

Cli yaitu perpanjangan dari Commend line interface, adalah sistem operasi yang berbasis text, sistem operasi ini di jalankan menggunakan perintah perintah atau syntax, contoh sistem operasi yang mengunakan CLI yaitu Debian. Debian juga dapat kita install pada komputer yang berbasis GUI.

GUI

Gui yaitu perpanjangan dari Graphical  User Interface, adalah sistem operasi yang berbasis graphical dari namanya saja sudah keliatan bahwa sistem operasi ini berbasis graphic, menggunakan GUI akan lebih nyaman di karena kan Menarik tidak seperti CLI yang hanya text saja, contoh sistem operasi ini yaitu Windows, pasti kalian sudah tidak asing dengan sistem operasi ini karena banyak di gunakan oleh orang orang.


Sejarah Operasi sistem terbagi dalam 4 Generasi

• Generasi pertama pada tahun 1945 - 1955.

Pada generasi pertama ini merupakan awal dari perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem teknologi mekanik.

• Generasi Ke-dua pada tahun 1955 - 1965

Pada generasi ke-dua ini memeperkenalkan Batch Processing System, yaitu job yang di kerjakan dalam satu rangkajan, lalu di eksekusi berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum di lengkapi dengan sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem opersdi telah ada, contoh fungsi sistem operasi ini ialah FMS dan IBSYS.

• Generasi ke-tiga pada tahun 1965 - 1980

Pada generasi ke-tiga ini perkembangan sistem operasi semakin di tingkatkan untuk melayani banyaknya pemakai, sekaligus  dimana pengguna dan user dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer.

• Generasi ke-empat pasca tahun 1980

pada generasi ini sistem operasi di pergunakan untuk jaringan komputer di mana di pakai untuk mengetahui keberadaan komputer - komputer yang saling berhubungan satu sama lainnyaa. Pada masa ini para pengguna sudah di nyaman kan dengan Graphical User Interface.

2 Jenis sistem operasi yaitu Stand alone dan jaringan.

• Stand Alone 

Adalah sebuah sistem operasi yang tidak bisa menyediakan layanan jaringan, sistem operasi ini hanya bisa di gunakan sebagai client saja

Contohnya :

Windows 8 
windows 10 

• Sistem Operasi jaringan.

Adalah sebuah sistem operasi yang bisa menjadi Server dan juga bisa menjadi client

Contohnya :

Ubuntu
Parrot
Debian

Penutup.


Mungkin cukup Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai sistem operasi semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua terkhusus untuk saya sendiri. Dan jika artikel ini bermanfaat mohon di share ke teman - teman kalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Sistem Operasi dan dua jenis sistem operasi."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel